Pengertian besaran analog dan digital beserta contoh dalam kehidupan sehari hari

Pengertian besaran analog dan digital

Selamat berkunjung kembali sobat ke artikel admin yang sderhana ini. pada artikel kali ini admin akan membahas tentang Pengertian besaran analog dan besaran digital beserta contohnya. besaran ini dapat kita temukan dikehidupan sehari hari, mulai dari seperti jam analog dan juga alat pengukur yang berbentuk digital.

Kata Analog dan digital berasl dari teknik hitungan yang digunakan pada bidang elektronik, yakni untuk pengukuran besaran komponen yang berbentuk elektronik.

Besaran Analog 

adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang bersambung, yang berfungsi untuk membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. karakteristik yang terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi.

Untuk menyatakan besaran analog kita membutuhkan besaran persamaan (analog), misal pada hitungan analog menunjukkan bilangan 1 maka pada besaran tegangan menyatakan 1 volt, untuk bilangan 2 menyatakan tegangan 2 volt, untuk bilangan 10 menyatakan tegangan 10 volt dan begitu seterusnya.

pada contoh diatas antara besar bilangan dan besar tegangan yang dinyatakan adalah mempunyai nilai kesepadanan, perubahan nilai bilangan baik naik maupun turun akan selalu menujukkan nilai yang sepadan atau sama.

Ketepatan penunjuka besaran analog adalah tergantung pada pengukuran besaran analog, pada umumnya ketetapan pengukuran tegangan lebih kurang 1% dan juga tergantung pada suhu saat itu. penunjukan skala pengukuran pada analog dapat berupa skala penggaris lurus, skala lingkar (jam), bar chart atau grafik lengkung.
Gambar skala pengukuran analog
Gambar skala pengukuran analog
Pada saat ini semakin sedikit perangkat yang menggunakan sistem analog sebagi alat untuk informasi, dan perangkat yang menggunakan sistem analog ini menjadi barabg yang klasik. seperti :
1. Jam tangan atau Jam dinding analog
2. Pengukur tekanan
3. Radio analog
4. spedometer pada motor, dll.

Besaran Digital

Adalah sinyal dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. karena pada sistem ini menggunakan sistem bilangan biner yakni 0 dan 1. 0 menyatakan ketika listrik mati dan 1 menyatakan ketika listrik hidup. namun transmisi dengan sinya digital hanya dapat menjangkau deta yang relatif dekat.

untuk menyatakan besaran digital kita gunakan angka angka, kata digital berasal dari kata digitus yang artinya menghitung pakai jari. Mesin penghitung, digital yang sudah lama dikenal adlah simpoa dan saat ini dapat kita lihat kalkulator, komputer, digital televisi, alat ukur dengan penampil yang berupa angka.

Dengan tampilan digital kita akan sangat mudah menentukan suatu besaran karena dapat langsung dibaca dalam bentuk angka angka.
Gambar perangkat besaran digital
Gambar perangkat besaran digital
memang pada saat sekarang ini sudah banyak perangkat yang menggunakan sistem digital. karena sisitem ini sangat mudah dibaca. contoh perangkat yang menggunakan sistem digital ini seperti :
1. Jam tangan digital
2. handphone
3. Komputer
4. Televisi dan masih banyak lagi perangkat digital lainnya.

Baiklah sobat itulah tadi artikel yang membahas tentang pengertian besaran analog dan besaran digital. semoga artiel ini bermanfaat bagi sobat pembaca. saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Pengertian besaran analog dan digital beserta contoh dalam kehidupan sehari hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel