Pengertian dan kegunaan HTML (Hypertext Markup Language)

Pengertian dan kegunaan HTML (Hypertext Markup Language)

Hai apa kabar? Bagi sobat yang ingin belajar web programing tentu sobat harus mempelajari terlebih dahulu bahasa pemrograman yakni HTML. Distitus zikritekno ini saya telah menyajikan beberapa artikel tutorial tentang belajar HTML. Oleh karena itu pada artikel ini bertujuan untuk menambah pengetahuan sobat tentang apa pengertian dan kegunaan dari bahasa HTML ini.

Pengertian HTML

pengertian dan kegunaan HTMLMenurut wikipedia HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language yang artinya sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi.

HTML merupakan bahasa markah yang digunakan peramban atau web browser untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan web disainer CSS.

Sedikit sejarah dari HTML. Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, yang bernama Tim Berness-lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa Untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berness-lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Dan dari situlah mereka menemukan/membuat bahasa HTML namun bahasa tersebut belum sempurna seperti sekarang.

Kegunaan HTML

Dalam penggunaannya HTML juga dapat digunakan sebagai link link antar file file dalam situs atau dalam sebuah komputer dengan menggunakan localhost, jika perangkat tidak terhubung ke jaringan internet. Namun jika perangkat terhubung ke jaringan internet HTML ini juga dapat membuat sebuah halaman yang dapat diakses dimana didalamnya berisikan informasi-informasi yang dapat dilihat oleh user di seluruh dunia.

Di HTML ini memiliki bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu untuk menyatakan kode-kode yang harus di tafsirkan oleh web browser agar terbentuk sebuah halaman dapat ditampilkan secara benar. Tanda ini lebih dikenal dengan TAG. Contohnya kita hendak membuat tulisan garis miring dan tebal. Maka penulisannya dilakukan dengan cara <i><b>tampil miring dan tebal</i></b> akan menampilkan seperti ini : tampil miring dan tebal . penjelasan tentang tag-tag ini akan di bahas pada artikel tutorial selanjutnya.

Kegunaan HTML yang lebih spesifik :
1. Membuat halaman website
2. Menampilkan beberapa informasi yang berupa tulisan, gambar, maupun suara pada sebuah internet browser.
3. Membuat form interaktif, seperti form input data login, dan menginputkan data-data lainya yang bersifat form.
4. Membuat link hidup, yang artinya link tersebut dapat menuju ke halaman web lain dengan kode tertentu.

Baiklah apabila sobat sudah mengerti apa itu pengertian dan kegunaan HTML. Selanjutnya kita masuk ke tutorial HTML dasar (elemen dasar pada pemrograman HTML)

0 Response to "Pengertian dan kegunaan HTML (Hypertext Markup Language)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel