pengertian dan contoh gerbang logika NOR (NOT OR)

Apa itu gerbang logika NOR

NOR adalah gerbang yang dibangun dari kombinasi antara gerbang OR dan gerbang NOT, sehingga hasil dari OR selalu dibalikkan (inverter). 

jika salah satu atau seluruh inputnya 1 maka outputnya akan 0. dan jika seluruh inputnya 0 maka outputnya adalah 1. hal ini dapat dibuktikan pada tabel kebenaran sebagai berikut :

Tabel kebenaran untuk gerbang logika NOR

Tabel kebenaran gerbang logika NOR
Tabel kebenaran gerbang logika NOR
dari tabel kebenaran diatas didapat bahwa hasil keluaran pada gerbang logika NOR sama dengan kebalikan gerbang logika OR. karena gerbang logika NOT adalah pembalik dari hasil nilai gerbang logika yang berada dibelakangnya. kalau sobat ingin tau sobat bisa kunjungi artikel gerbang logika OR. jadi intinya, gerbang logika NOR adalah outputnya kebalikan dari gerbang logika OR.

simbol gabungan gerbang logika NOT dan OR (NOR)

simbol gabungan gerbang logika NOT dan OR

simbol gerbang logika NOR

simbol gerbang logika NOR
Untuk simbol gerbang logika NOR yang terlihat pada gambar diatas bahwa simbol gerbang logika NOT pada simbol gerbang logika NOR ini digeser kekiri sehingga simbol NOT hanya terdapat bulatan kecil saja.

Rangkaian Listrik gerbang logika NOR

rangkaian listrik gerbang logika NOR
dari rangkaian listrik gerbang logika NOR diatas, dapat didefenisikan. jika pada sumber diberi tenaga listrik (baterai), untuk menghidupkan sebuah lampu yang disusun dalam sebuah rangkaian listrik paralel dengan dua saklar berbentuk seri. bila saklar pada A disambungkan dan pada B terputus maka lampu akan mati. dan bila kedua saklar tersebut terputus lampu pada Y akan hidup. hal ini adalah pembuktian dari tabel kebenaran tadi.

seacara matematis dengan pertolongan aljabarboole dituliskan :

persamaan gerbang logika NOR
Baiklah sobat mungkin hanya itu informasi yang dapat admin sampaikan. walaupun sedikit semoga ilmu ini dapat memberikan banyak manfaat bagi sobat pembaca. terimakasih...

0 Response to "pengertian dan contoh gerbang logika NOR (NOT OR)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel