Pengertian dan contoh gerbang logika XOR (NOT OR)

assalamualaikum wr wb.. selamat datang kembali sobat, terimakasih telah membaca artikel admin yang sederhana ini. pada artikel kali ini admin akan membahas tentang pengertian dan contoh Gerbang logika XOR atau bisa disebut juga kombinasi dari gerbang logika NOT dan Gerbang logika OR yang telah admin bahas pada artikel sebelumnya.

Baiklah sobat langsung saja admin akan memberikan penjelasan yakni yang pertama apa itu gerbang logika XOR.

Apa itu gerbang logika XOR

gerbang logika XOR adalah gerbang logika yang memiliki dua saluran masukan (input) dan satu saluran keluaran (output).

gerbang XOR outptnya akan 0 apabila kedua saluran inputnya sama, dan outputnya akan 1 apabila kedua saluran inputnya berbeda. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat tabel kebenaran sebagai berikut:
Tabel kebenaran XOR
Tabel kebenaran XOR
gerbang lodika XOR hanya akan terbuka bila muncul bilangan satuan ganjil. hal ini dapat terlihat dari tabel kebenaran diatas pada baris 2 dan 3. dan akan menguarkan angka 0 apabila muncul satuan bilangan genap.

Simbol gerbang logika XOR

simbol gerbang logika xor


Gambar diatas adalah simbol dari gerbang logika xor. simbol tersebut memiliki dau saluran masukkan dimana ada A dan B. kemudian memiliki satu saluran keluaran. jika A sama denga 0 dan B sama dengan 1 maka Y akan 1. terdapat dari tabel kebenaran.

Rangkaian Logika XOR

Rangkaian logika XOR
Rangkaian logika XOR
rangkaian diatas adalah contoh sederhana dari gerbang logika XOR. sobat dapat memahami gambar tersebut dengan cermat.

Persamaan matematis


Baiklah sobat, Mungkin hanya itu yang dapat admin sampaikan. omong omong admin tidak terlalu mempelajari pembelajaran teknik digital tentang gerbang logika ini. untuk itu apabila pada artikel ini ada kesalahan yanjg tak diketahui mohon dimaafkan. bagi sobat yang ingin memahami lebih jauh lagi tentang ilmu gerbang logika ini. maka sobat harus terus membaca dan terus belajar. ok sobat sampai disini saja, assalamualaikum wr wb..

0 Response to "Pengertian dan contoh gerbang logika XOR (NOT OR)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel