Pengertian Dan contoh 5 tipe data pada pemrograman C

Pengertian 5 tipe data pada C beserta contoh penggunaannya

Jika sobat telah membaca artikel admin sebelumnya yang membahas tentang mengenal bahasa pemrograman C untuk pemula. Maka sobat pasti sudah tau pengertian dari 5 tipe data pada pemrograman C ini.

Karena untuk memahami contoh dari masing2 tipe data pada C ini sobat juga harus mengerti pengertian dari masing2 tipe data tersebut. Namun pada artkel sebelumnya admin belum menyediakan contoh untuk masing masing tipe data pada c ini, dan pada artikel inilah admin akan memberikan satu contoh dari masing masingnya.

tapi sobat tidak usah khawatir disin admin akan menyediakan pengertian sekaligus contoh atau cara penggunaan dari masing masing tipe data pada bahasa C ini.

Macam macam tipe data beserta cara penggunaannya :
1. Tipe data integer, adalah tipe data yang digunakan untuk menyatakan bilangan bulat. Misalnya kita ingin membuat sebuah kalkulator sederhana, maka kita perlu menggunakan tipe data integer ini pada penjumlahan nantinya. Sebagai contohnya lihat gambar dibawah ini :
Contoh Penggunaan integer pada C
Contoh Penggunaan integer pada C
Sebagai catatan, sobat bisa lihat kan gambar diatas ada tanda “%d”,&a itu fungsinya adalah untuk memanggil variabel dari tipe data integer jika sobat ingin menginputkan angka dengan fungsi scanf yang terlihat pada gambar diatas.

2. Tipe data long, Sama seperti tipe data integer, tipe data long juga berfungsi untuk memasukkan angka. Bedanya adalah tipe data long ini dapat menampung lebih banyak karakter daripada tipe data integer. Saya kurang tau pasiti berapa perbedaan antara keduanya ini. Tapi kebanyakan programer lebih sering menggunakan tipe data integer dari pada tipe data long ini. Berikut adalah contoh dari tipe data long :
Contoh Penggunaan Long Pada C
Contoh Penggunaan Long Pada C
3. Tipe data float, merupakan tipe data yang berfungsi untuk mengolah angka dalam bentuk desimal. Jika tipe data integer dan long hanya dapat mengolah angka dalam bilangan bulat saja , dan float adalah tipe data yang mendukung dapat mengolah angka desimal. Untuk memanggil variabel dari tipe data float ini maka kita harus menulis kode %f. Contoh tipe data float adalah berikut ini:
Contoh Penggunaan Float pada C
Contoh Penggunaan Float pada C
4. Tipe data char, adalah tipe data yang berfungsi untuk menginputkan sebuah karakter. Misalnya a, b, c dan lain lain, yang artinya tipe data char hanya dapat menampung 1 buah karakter saja jika kita menggunakan rumus if. Namun tipe data char ini juga dapat menampung banyak karakter jika kita menulis berapa karakter yang dibutuhkan seperti gambar dibawah ini :
Contoh Penggunaan Char pada C
Contoh Penggunaan Char pada C
5. Tipe data double, Sama dengan tipe data float, bedanya float dapat menampung data dalam skalakecil, sedangkan double dapat menampung data dalam skala besar. Untuk memanggil variabel dari data double ini adalah %lf. dan jika sobat tidak ingin nol dibelakang koma tidak ditampilkan, maka sobat dapat memberi %.0lf untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar dibawah ini :
Contoh Penggunaan Double pada C
Contoh Penggunaan Double pada C
Baiklah sobat itulah sebuah artikel yang membahas tentang pengertian 5 tipe data pada bahasa pemrograman C yang harus diketahui. semoga artikel ini memberi banyak manfaat. saya ucapkan terimakasih...

0 Response to "Pengertian Dan contoh 5 tipe data pada pemrograman C"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel