Pengertian dan contoh gerbang logika NOT (negasi)

Apa itu gerbang NOT (negasi)

Gerbang NOT adalah suatu gerbang inverter, gerbang not biasanya disebut juga inverter atau pembalik logika. tidak seperti gerbang OR dan gerbang AND atau gerbang logika lainnya, gerbang NOT hanya memiliki satu aliran masukkan dan satu aliran keluaran.

Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputnya.

Ungkapan tersebut menunjukkan negasi NOT, bila kakak saya datang kita tidak akan berangkat ke sekolah hari ini. hal ini mengidentifikasikan bahwa bila kakak datang kita tidak akan pergi, namun bila kakak tidak datang maka kita akan pergi ke sekolah.

Dengan demikian kakak dan pergi ke sekolah adalah dua hal yang mempunyai dua kondisi yaitu ada dan tidak ada, pergi atau tidak pergi dan selalu berkondisi kebalikan. dalam teknik logika ada dan pergidinyatakan dengan logika 1 dan tidak ada atau tidak pergi dinyatakan dengan logika 0.

Hal yang sama terjadi pada rangkaian listrik yang menggunakan 1 saklar untuk menyalakan atau mematikan lampu, kondisi lampu akan menyala bila saklar dalam kondisi off dan mati apabila saklar dalam kondisi on. berikut adalah simbol gerbang logika NOT (negasi).

Simbol Gerbang logika NOT

simbol gerbang NOT
 Simbol gerbang NOT
Karena gerbang NOT ini hanya memiliki satu saluran masukkan dan satu saluran keluaran. makanya gerbang not ini hanya memiliki dua kemungkinan yang saling terbalik. jika saluran masukannya 1 maka saluran keluarannya adalah 0. begitu juga sebaliknya.
berikut adalah tabel kebenaran dari gerbang logika dasar NOT :

Tabel kebenaran gerbang logika NOT

Tebel Gerbang logika NOT
Tebel Gerbang NOT 

Berikut adalah contoh rangkaian gerbang logika NOT :

Rangkaian listrik gerbang logika NOT
Rangkaian listrik gerbang logika NOT
Secara matematis dengan pertolongan aljabarboole dituliskan sebagai berikut :



0 Response to "Pengertian dan contoh gerbang logika NOT (negasi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel