Pengertian dan contoh gerbang logika OR (disjungsi)

Apa itu Gerbang logika OR (disjungsi)

Gerbang logika OR akan berlogika yang outputnya akan 1 jika salah satu atau seluruh inputnya 1. dan outputnya akan 0 jika seluruh inputnya 0. 

Ungkapan berikut menunjukkan disjungsi OR, bila adik atau mama saya datang kita akan berangkat ke jakarta hari ini. hal ini mengidentifikasikan bahwa bila salah satu baik adik maupun mama saya atau keduany datang kita akan pergi. akan tetapi bila keduanya tidak datang maka kita tidak pergi ke jakarta.

Dengan demikian Adik, Mama dan ke jakarta adalah tiga hal yang mempunyai dua kondisi yaitu ada dan tidak ada, pergi atau tidak pergi. dalam teknik logika ada dan pergi dinyatakan dengan logika 1 dan tidak ada dan tidak pergi dinyatakan 0

Hal yang sama terjadi pada rangkaian listrik yang menggunakan 2 saklar dihubungkan paralel untuk menyalakan atau mematikan lampu, kondisi lampu akan menyala bila salah satu atau kedua saklar dalam kondisi on dan mati jika kedua saklar off.

Berikut adalah Tabel kebenaran Gerbang logika OR (disjungsi)

Tabel kebenaran gerbang logika OR
Tabel kebenaran gerbang logika OR
Dari tabel kebenaran diatas didapat bahwa :
jika inputnya A=0 dan inputnya B=0 maka outputnya Q adalah 0
dan A=0 dan B=1 maka Q=1
begitu sterusnya...

Simbol dan Rangkaian Gerbang logika OR(disjungsi)

Simbol Gerbang logika OR
Simbol Gerbang logika OR
Rangkaian Listrik gerbang logika OR
Rangkaian Listrik gerbang logika OR
Dari gambar diatas bahwa sebuah lampu yang berada pada rangkaian listrik paralel. diberi aliran listrik, kemudian dihubungkan dengan dua saklar yang berfungsi untuk memtus dan menghubungkan aliran listrik yang mengalir ke lampu tersebut.

logikanya jika salah satu kontak atau saklar terhubung maka lampu akan hidup, dan jika kedua saklar tersebut tdidak terhubung maka lampu tidak akan hidup.

Secara matematis dengan pertolongan alja barboole dituliskan sebagai berikut.
Baiklah sobat mungkin hanya itu informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian dan contoh gerbang logika OR (disjungsi), walaupun sedikit semoga dapat memberi banyak manfaat. assalamualaikum wr wb.

0 Response to "Pengertian dan contoh gerbang logika OR (disjungsi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel