Pengertian dan contoh gerbang logika AND (konjungsi)

Apa itu Gerbang logika AND (konjungsi)

Gerbang and adalah suatu gerbang and menghasilkan sebuah keluaran biner tergantung dari kondisi masukan dan fungsinya. Gerbang ini mempunyai sua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya memiliki satu keluaran.

Gerbang and merupakan gerbang logika dasar yang outputnya akan 1  jika semua inputnya 1 dan outputnya akan 0 jika salah satu inputnya 0. 

Dalam kehidupan sehari hari, misalkan dodo dan dendi ingin bermain sebuah game, permainan ini telah direncanakan lebih awal sehari sebelumnya. 

jika dodo datang untuk menghadiri permainan tersebut dan dendi tidak datang menghasiri permainan tersebut maka permainan tidak akan berlangsung. dan jika mereka datang keduanya maka permainannya akan berlangsung.

nah disitu dapat kita simpulkan, misalkan Dodo datang adalah (1) inputnya 1, dan Dendi datang adalah (1) inputnya 1. maka permainan berlangsung (1) outputnya 1. Namun jika Dodo datang (1) inputnya 1, dan dendi tidak datang (0) inputnya 0, maka permainan tidak berlangsung outputnya 0.
Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat tabel kebenaran berikut:

Tabel kebenaran AND 2 masukan :

Tabel kebenaran gerbang logika and AND GATE
Dari tabel diatas didapat bahwa jika 
inputnya A=0 dan inputnya B=0 maka outputnya = 0
A=0 dan B=1 maka outputnya 0
A=1 dan B=0 maka outputnya 0
A=1 dan B=1 maka outputnya 1
dari semua pernyataan diatas dapat dibuktikan dengan cara rangkaian gerbang logika AND (AND GATE). berikut adalah simbol dan rangkaian gerbang logika AND :

Simbol dan Rangkaian Gerbang logika AND 2 Masukan :

Simbol Gerbang logika AND
Simbol Gerbang logika AND
Rangkaian listrik Gerbang logika AND
Rangkaian listrik Gerbang logika AND

Dari contoh rangkaian listrik Gerbang logika AND diatas dapat disimpulkan bahwa, jika kontak atau saklar pada A terhubung (1) dan pada B terputus (0), maka lampu yang ada pada Y tidak akan hidup. dan jika A dan B terhubung maka lampu pada Y akan hidup. semua dapat dibuktikan dari rangkaian listrik diatas.

Baiklah sobat itulah artikel yang membahas tentang pengertian dan contoh gerbang logika and. semoga apa yang admin sampaikan bermanfaat, dan jangan lupa berkunjung ke artikel menarik lainnya. terimakasih.

0 Response to "Pengertian dan contoh gerbang logika AND (konjungsi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel