Sejarah dan Perkembangan PHP Hingga Sekarang

Sejarah dan Perkembangan PHP Hingga Sekarang

Bahasa pemrograman PHP pada saat ini sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer. Dikarenakan bahasa pemrograman yang banyak memilki manfaat dalam pemrograman website, dan juga PHP adalah bahasa yang tidak sulit untuk dipahami pengkodeannya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Sejarah dan perkembangan PHP hingga sekarang. Sebagai bahan pengetahuan kita, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah dan asal mula dari bahasa pemrograman web yang paling populer di dunia ini. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.
Baca juga : Tutorial belajar HTML untuk pemula hingga mahir

Sejarah dan versi PHP

Sejarah dan Perkembangan PHP Hingga Sekarang
Awal mula sejarah dari PHP dibuat pertama kali pada tahun 1995 yang bernama Rasmus Lerdoft. Rasmus Lerdoft adalah seorang programmer kelahiran denmark yang sekarang berdiam di canada. Rasmus Lerdoft membuat sebuah skrip atau kode program dengan bahasa perl untuk pengembangan web personal, sekumpulan skrip tersebut dinamakan PHP kependekan dari Personal Home Page. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI). yakni skrip yang berguna untuk menampilkan resume pribadi dan mencatat jumlah pengunjung web itu sendiri.

Kemudian pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. dan memasukkan kode progam tersebut ke dalam bahasa pemrograman C. Guna untuk meningkatkan performa dari skrip yang dibuatnya.

Perubahan berikutnya terjadi pada akhir tahun 1997 hingga juni 1998, sebuah perusahaan Zend merancang ulang interpreter PHP menjadi lebih baik dan lebih stabil. Pada waktu itu PHP resmi dirilis sebagai PHP 3.0 yang singkatan dari PHP tersebut berubah menjadi PHP : Hypertext Processing.

Selanjutnya pada pertengahan 1999, perusahaan Zend merilis PHP versi terbaru dikenal dengan PHP 4.0. pada versi ini PHP lebih jauh lagi dengan memperkenalkan banya fitur-fitur lanjutan, seperti layer abstraksi antara PHP dengan web server, thread-safety, two-stage parsing. Versi ini banyak dipakai pada abad ke 21 dikarenakan tingkat kestabilan yang tinggi dan memilki kecapatan yang baik dalam membangun aplikasi web kompleks.

Evolusi selanjutnya PHP 5.0 dirilis pada tahun 13 juli 2004. dikenal dengan PHP versi ke 5 ini mengalami perubahan besar yang mendukung penuh object dan peningkatan performa untuk mempermudah pengembang menjalankan kode PHP tanpa menginstal software server.

Hingga saat ini bahasa pemrograman PHP sudah berkembang pesat. Versi terbaru dan stabil dari bahasa pemrograman PHP saat ini adalah versi 7.0.16 dan 7.1.2 yang resmi dirilis pada tanggal 17 februari 2017.

Itulah sedikit penjelasan tentang sejarah dan perkembangan PHP hingga sekarang. dengan pengembangannya dari versi ke versi butuh bertahun tahun lamanya untuk menjadikan bahasa pemrograman server-side yang menjadikannya populer hingga saat ini. Pada tutorial selanjutnya kita akan mebahas aplikasi/software yang dibutuhkan untuk belajar PHP.

Sumber :
  • Wikipedia
  • Duniailkom
  • Situs resmi PHP

0 Response to "Sejarah dan Perkembangan PHP Hingga Sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel