Pengertian dan Fungsi PHP dalam pemrograman web (Tutorial PHP)

Pengertian dan Fungsi PHP dalam pemrograman web (belajar PHP)

Pengertian dan Fungsi PHP dalam pemrograman webBerbicara tentang PHP, pasti masyarakat awam juga pernah mendengar kata PHP ini. namun secara pandangan masyarakat awam PHP adalah kata yang digunakan untuk mengekspresikan seorang penipu (singkatan dari Pemberi Harapan Palsu).

tapi lain halnya dengan seorang programer, PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendesain sebuah halaman situs website. Agar sebuah halaman situs website tersebut lebih terlihat bagus dan menarik.
Dibawah ini saya akan menjelaskan secara rinci dan lengkap tentang pengertian PHP beserta Fungsinya dalam dunia web desain.

Pengertian PHP

PHP yang bersingkatan Hypertext Prepocessor merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk memperindah suatu tampilan halaman website. Dimana PHP ini dapat disisipkan ke dalam bahasa pemrograman HTML. Jika dalam sebuah program HTML untuk membuat sebuah halaman website tidak memiliki bahasa pemrograman PHP ini, maka halaman yang dihasilkan akan tampak sederhana saja.

Menurut wikipedia, Pengertian PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam bahasa HTML yang didesain untuk pengembangan website dinamis (dapat berubah). PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdoft, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Jika ingin melihat situs resmi PHP sobat bisa lihat alamat http://www.PHP.net.

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Yang wujudnya hanya berupa sekumpulan skrip yang digunakan mengolah data formulir dari web. Sekarang PHP berubah menjadi Hypertext Processor. Namun sebenarnya PHP sendiri diambil dari kepanjangan (Php Hypertext Processor).PHP merupakan bahasa yang bersifat Open source, dan tentunya php ini dapat digunakan secara gratis (free).

Menurut argumen yang di jabarkan oleh dosen saya pada waktu kuliah dijurusan teknik informatika. PHP untuk kedepannya akan memiliki daya saing yang tinggi dengan bahasa pemrograman lain. Dalam artian PHP ini lebih sering digunakan untuk membuat sebuah program. Dan ternyata benar PHP sekarang sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer saat ini.


Fungsi PHP

Diatas saya sudah menyinggung apa kegunaan dari PHP dalam pemrograman web. Yaitu PHP berkaitan dengan dunia web desain. Yang merupakan skrip pelengkap bahasa pemrograman lainnya yakni bahasa pemrograman HTML dan CSS.

Sebenarnya bahasa pemrograman PHP ini bukanlah hal yang wajib untuk digunakan dalam pemrograman web. Dalam membangun website kita juga membuat hanya dengan menggunakan bahasa HTML saja. Namun website yang dihasilkan itu hanya bersifat statis (tidak dapat berubah).

Maka dari itu PHP lah yang memilki peran penting untuk membuat suatu website tersebut terlihat lebih indah dan bersifat dinamis.

Dalam website dinamis, bahasa PHP dipakai sebagai media untuk mempersingkat tatanan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Contohnya dalam pembuatan website berisi data Mahasiswa disebuah fakultas yang memiliki ratusan mahasiswa. Dengan mengunakan bahasa pemrograman HTML dibutuhkan baris kode yang sangat panjang (sesuai jumlah mahasiswa yang datanya akan di input) sedangkan dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP baris kode yang dibutihkan dapat dipersingkat menjadi beberapa saja.

Selain itu PHP juga dapat digunakan untuk menginput data ke sistem database, menghasilkan gambar, mengkonversikan halaman text menjadi pdf, management cookie dan session, dan lain lain. Untuk lebih lengkapnya materi ini akan kita pelajari nanti di tutorial PHP.

Setelah membaca pembahasan diatas, sobat sudah mengetahui apa itu pengetian PHP dan kegunaan PHP dalam pemrograman web. Selanjutnya kita akan membahas tentang sejarah dan perkembangan PHP hingga sekarang.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi PHP dalam pemrograman web (Tutorial PHP)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel