Aplikasi/software yang Dibutuhkan Untuk Belajar PHP

Aplikasi/Software Yang Dibutuhkan Untuk Belajar PHP

Sebelumnya materi tentang belajar PHP atau pengenalan semua tentang bahasa pemrograman PHP sudah kita pelajari. Sekarang kita akan mulai melakukan langkah awal untuk belajar PHP. Yaitu aplikasi/softawre apa saja yang dibutuhkan untuk mempelajari PHP. Simak penjelasan berikut ini.

Aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk belajar PHP
Setelah kita mengerti apa itu PHP dan kegunaannya, next kita akan praktek belajar PHP. Namun sebelumnya kita harus menginstal beberapa software atau aplikasi yang bersangkutan dengan PHP. Software tersebut terdiri dari XAMPP (berisikan aplikasi web server seperti Apache, mysql dan PHPMyadmin), text editor seperti Notepad++, dan Browser untuk menjalankan skrip PHP tersebut.

Ketiga aplikasi diatas merupakan software yang wajib untuk digunakan dalam belajar PHP. Sebenarnya masih ada software-software lain yang mendukung untuk pembuatan koding PHP ini seperti phpDesigner, jetBrains PhpStorm, Codelobster, phpeditor dan software lainya. Tapi menurut saya dengan 3 aplikasi diatas kita sudah bisa menjalankan atau mempelajari pengkodean PHP.

Aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk belajar PHP

Berikut ini aplikasi yang dibutuhkan untuk belajar PHP :

1. XAMPP

XAMPP adalah aplikasi yang berisikan Web server Apache yang berfungsi sebagai server mengkompilasi kode PHP yang kita buat untuk ditampilkan pada browser. Dalam aplikasi XAMPP ini juga terdapat Mysql, PHPMyadmin dan Phyton. XAMPP dapat diinstal secara gratis dengan berbagai platform OS. Download aplikasi XAMPP disini atau kunjungi situs resmi XAMPP di www.apachefriends.org.

2. Text Editor

Setelah XAMPP berhasil di unduh selanjutnya aplikasi yang kita butuhkan adalah text editor. Sobat bisa memilih aplikasi text editor sesuai keinginan sobat, tapi disini saya menggunakan aplikasi editor Notepad++.

sebenarnya aplikasi text editor lain juga bisa digunakan seperti notepad saja yang sudah ada disaat menginstal SO. Namun kenapa saya memilih aplikasi Notepad++, karena aplikasi ini lebih spesifik, software yang ringan dan serbaguna maksudnya juga mendukung bahasa pemrograman lain. Ditambah lagi aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Untuk mendownload aplikasi Notepad++ disini.

3. Browser

Software ketiga yang harus diinstal adalah Browser. Karena PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website, maka untuk menampilkan hasil dari skrip yang kita buat akan ditampilkan pada aplikasi penjelajah web.

Semua komputer atau laptop pasti sudah memilki aplikasi yang satu ini, seperti chrome, mozilla, internet explorer dan lain-lain. Namun jiga pc sobat masih tidak memiliki aplikasi browser ini silahkan download softwarenya Disini.

Nah setelah mengunduh 3 aplikasi penting diatas, maka kita sudah memenuhi syarat untuk belajar bahasa PHP ini. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara menginstal aplikasi XAMPP dan menjalankan Web server apache untuk belajar PHP.

1 Response to "Aplikasi/software yang Dibutuhkan Untuk Belajar PHP"

  1. This is exactly what I was looking for. Thanks for sharing this great article! That is very interesting Smile I love reading and I am always searching for informative information like this! read review

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel