Elemen Dasar pada Pemrograman HTML

Elemen Dasar pada pemrograman HTML

Dalam sebuah website, tidak terlepas dari pada fungsi html sebagai elemen dasar pembangunan website, ada baiknya sedikit membahas mengenai elemen dasar html, seperti tag DTD atau DOCTYPE, tag html , tag head , tag body. Struktur inilah yang paling dasar pada pemrograman HTML.

Disini saya akan membahas beberapa penjelasan dari struktur dasar pada pemrograman html tersebut. Berikut adalah contoh struktur dasar pemrograman html :
Agar lebih mudah memahami, silahkan buka text editor Notepad++ lalu ketikkan kode berwarna merah dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Elemen HTML</title>
</head>
<body>
Belajar pemrograman web
</body>
</html>

Kemudian simpan kode tersebut dengan judul ‘strukturdasar.html’ dan jalankan file tersebut dengan klik dua kali atau klik kanan open with mozila firefox. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Pengertian dan contoh elemen dasar di html
Elemen dasar di html

Jika sobat serius untuk mendalami bahasa pemrograman html ini sebaiknya kode program tadi disimpan di xampp - htdoc - nama_file - nama kode program. Seperti yang ditunjukkan no 2 pada gambar diatas. Berikut beberapa penjelasan dari struktur elemen dasar html diatas.

Pengertian DTD atau DOCTYPE

Tag DTD atau DOCTYPE adalah singkatan dari Document Type Declaration. Tag ini berfungsi sebagai pemberitahuan kepada web browser bahwa dokumen yang akan diproses adalah HTML.

penulisan DTD apabila tidak dituliskan pada awal kode program sebenarnya tidak mempengaruhi jika web browser yang kita jalankan tersebut memiliki mode khusus yakni Quirk mode. Jadi selama web browser yang kita jalankan memiliki quirk mode kode program yang kita buat masih bisa dibaca. Karenanya pada contoh diatas saya tidak menuliskan tag DTD.
Baca juag : Cara Membuat Judul atau Heading di HTML (tag h1,h2,h3)

Tag <html>

Tag ini berfungsi sebagai pembuka sekaligus penutup dari keseluruhan program pada halaman web. Tag html dimulai dari <html> dan diakhri </html>

Tag <head>

Elemen pada tag head umumnya berisi berbagai defenisi halaman seperti kode css, javascript, dan kode-kode pendukung lainnya. Maupun kode yang bersifat tidak tampil pada halaman web.stuktur tag ini adalah <head> dan </head>

Tag <body>

Pada tag body berisi semua elemen yang akan tampil pada halaman web seperti teks, paragraf, tabel, link, gambar, form, dll. Struktur tag ini adalah <body> dan </body>.

Dari semua struktur diatas merupakan struktur html yang paling dasar dalam pemrograman html. Pada artikel tutorial HTML selanjutnya (Contoh Penggunaan dan Fungsi Tag Font di HTML)

0 Response to "Elemen Dasar pada Pemrograman HTML"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel