Tutorial mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd

Tutorial mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd (command prompt)

Hai.. Selamat bertemu kembali dengan artikel saya yang sederhana ini, semoga artikel kali ini dapat membantu sobat dalam menyelesaikan kebingungan tentang masalah yang sobat hadapi pada saat sekarang ini.
Kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd (command prompt). baiklah sobat silahkan membaca.

Langkah pertama masuk ke xampp mysdl dengan perintah yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, setelah sobat masuk kemudian gunakan sebuah nama database yang ingin diubah nama tabel dan nama kolomnya. Jika sobat sudah masuk simak tutoeial dibawah ini.
Baca juga : Tutorial menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd (command prompt)

Mengubah nama kolom
Apabila sobat ingin melakukan perubahan terhadap nama kolom yang telah selesai dibuat, maka sobat dapat menggunakan parameter CHANGE. Syntaksnya adalah ALTER TABLE nama_tabel CHANGE kolom_lama kolom_baru tipe data yang digunakan; (enter)

Contohnya saya ingin mengubah nama kolom pada sebuah tabel yang telah saya buat sebelumnya, yakni saya ingin mengubah Alamat menjadi Tempat_lahir. Maka syntaksnya adalah sebagai berikut :
ALTER TABLE data_pribadi CHANGE Alamat Tempat_lahir TEXT(20); (enter)
Sebagai catatan perhatikan nama tabel dan nama kolom harus sama dengan yang ada pada tabel sobat, kalau tidak programnya akan error. Sepertinya saya juga error nih.. saya coba sekali lagi..
Jika query ok maka hasilnya seperti gambar dibawah ini..
Tutorial mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd
Mengubah nama kolom
Mengubah Nama Tabel
Untuk mengubah nama tabel parameter yang kita gunakan adalah RENAME TO. Syntaksnya sebagai berikut :
ALTER TABLE nama_lama RENAME TO nama_baru; (enter)
Misalkan saya ingin mengubah nama tabel yang nama awalnya adalah data_pribadi, dan kemudian saya ingin mengubahnya menjadi pribadi. Maka syntaksnya adalah sebagai berikut :
ALTER TABLE data_pribadi RENAME TO pribadi; (enter)
Jika query ok
Kemudian gunakan perintah show tables; untuk melihat hasil perubahannya.
maka hasilnya seperti gambar dibawah ini..
Tutorial mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd
Mengubah nama tabel
Baiklah sobat itulah artikel singkat yang membahas tentang cara mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd (command prompt). semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share keteman yang membutuhkan. Terima kasih..

0 Response to "Tutorial mengubah nama tabel dan nama kolom pada database mysql dengan cmd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel