Tutorial menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd

Tutorial menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd (command prompt)

Hallo,, Kali ini saya akan membahas tentang cara menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd tentunya. Menambah kolom baru disini maksudnya adalah menambah nama field baru dalam sebuah database yang sering disebut dalam pembelajaran database.

Perintah yang digunakan adalah menggunakan perintah ALTER yang berfungsi untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Sehingga dengan penggunaan perintah ALTER ini kiat dapat mengubah kekurangan atau kesalahan pada saat kita membuat tabel. Syntaksnya adalah ALTER TABLE nama_tabel_ [spesifikasi perubahan] parameter [spesifikasi perubahan]. namun perintah yang digunakan untuk menambah tabel baru contohnya sebagai berikut :
Baca juga : cara menyeleksi atau menampilkan data pada tabel database mysql dengan cmd

Menambah kolom baru
Untuk menambah kolom baru pada dalam sebuah tabel, parameter yang digunakan adalah ADD. Syntaksnya adalah sebagai berikut :
ALTER TABLE nama_tabel ADD kolom baru tipe data yang digunakan FIRST/AFTER kolom lama.

Ada dua opsi pada syntaks diatas. FIRST digunakan pada saat jika kita ingin menambah kolom baru berada pada posisi paling atas. AFTER artinya kita meletakkan kolom yang baru setelah kolom yang lama atau kolom yang sudah ada.

Misalkan saya ingin menambah sebuah kolom pada tabel database yang telah buat sebelumnya. Dimana dalam tabel yang saya buat saya akan menambahkan No_peserta pada posisi pertama dan Alamat setelah tanggal lahir. Maka syntaksnya adalah sebagai berikut :

ALTER TABLE pribadi ADD No_peserta CHAR(5) FIRST; (enter)
Jika query ok maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Tutorial menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd (command prompt)
Kolom posisi pertama
ALTER TABLE pribadi ADD Alamat VARCHAR(25) AFTER Tanggal_Lahir; (enter)
Jika query ok maka hasilnya seperti gambardibawah ini :
Tutorial menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd (command prompt)
Seletelah kolom yang lama
Baiklah sobat itulah artikel singkat yang membahas tentang cara menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd (command prompt). semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share. Baca artikel menarik tentang database mysql lainnya. Terima kasih..

0 Response to "Tutorial menambah kolom baru pada tabel database mysql dengan cmd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel