Cara praktis memproteksi worksheet pada spreadsheets dan exel

Cara memproteksi worksheet atau lembar kerja pada spreadsheets dan excel

Baik sobat berikut saya akan memberikan tutorial singkat tentang cara memproteksi lembar kerja pada spreadsheets dan excel.

Proteksi pada lembar kerja pengolah angka merupakan memberikan kata sandi pada lembar kerja tersebut,  sehingga orang lain yang tidak mengetahui sandi lembar kerja yang sudah kita proteksi tadi,  tidak dapat leluasa mengotak atik ataupun mengubah apa yang ada di dalam lembar kerja tersebut.

Untuk itu proteksi ini sangat baik bagi para guru atau dosen, barangkali ada yang menyimpan file file penting yang tidak bisa dirubah kecuali diri kita sendiri yang mengubahnya.

atau mungkin nilai mahasiswa yang disimpan pada aplikasi pengolah angka ini. sehingga ketika kita meninggalkan laptop kita atau mungkin laptop kita tertinggal diruangan belajar. para murid tidak dapat mengubah file file dipengolah angka tadi jika kitta memproteksinya.

untuk itu bagi sobat yang sedang kebingungan dan ingin memproteksi lembar kerja atau sheet pada aplikasi pengolah angka seperti spreadsheets dan excel. Disini saya akan memberikan solusinya.
Baca juga : Berbagai macam cara mengatur ukuran sel pada spreadsheets dan excel

berikut adalah cara memproteksi worksheet atau lembar kerja pada spreadsheets dan excel :

1. Langkah pertama adalah klik kanan pada sheet yang akan diproteksi, seperti gambar di bawah ini
2. kemudian klik pada protect sheet, maka akan keluar kotak dialog seperti gambar dibawah ini
3. selanjutnya pada bagian password (optional) ketikkan password anda. pada bagian allow all user of this worksheet to, pilihlah atau ceklis beberapa bagian agar aman dari kerusakan.
4. setelah selesai masukkan password dan jenis proteksi, klik ok, kemudian masukkan kembali password pada kotak dialog confirm password.
5. kemudian klik ok, selesai.

6. lalu jika kita ketikkan sembarang pada worksheet maka sistem akan eror, dan muncul sebuah peringatan yang bunyinya " you cannot modify the readonly cells in the protected worksheet ". artinya lebih kurang sepeti ini " kamu tidak bisa mengubah lembar kerja karena lembar kerja ini terproteksi ". maklumi ajalah saya kurang handal berbahasa inggris, hehe.

lebih pastinya lihat gambar di bawah ini.
mudah kan sob, ya sangat mudah sekali. jadi semua file file penting sobat jadi aman terkendali ketika ada orang lain yang membajaknya tidak akan bisa.

Baiklah sobat itulah tadi tutorial singkat tentang cara praktis memproteksi worksheet pada spreadsheets dan excel. semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga artikel menarik saya yang lainnya, Ok terima kasih.

0 Response to "Cara praktis memproteksi worksheet pada spreadsheets dan exel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel