Tutorial Margin dan Padding pada CSS

Tutorial Margin dan Padding pada Bahasa Pemrograman CSS

Tutorial Margin dan Padding pada Bahasa Pemrograman CSS
Margin and Padding
Hallo Teman-teman!! Pada tutorial part 6 sebelumnya kita sudah tentang cara menghias link/ hiperlink pada bahasa pemrograman CSS. Nah jika teman terus membaca tutorial CSS yang admin bagikan di ZikriTekno ini, sekarang kita akan masuk ke tutorial part 7 yakni membahas tentang Tutorial margin dan padding pada bahasa pemrograman CSS.


Pengertian Margin dan Padding

margin dan padding merupakan properti yang paling banyak digunkanan untuk mendesain sebuah halaman website. Karena margin dan padding digunkanan untuk mengatur lebar atau jarak antar sisi pada sebauah elemen Html. Sebelum admin membahas satu persatu coba teman-teman lihat gambar dibawah ini:

Mengenal Margin pada CSS

Margin adalah sisi luar dari sebuah element, Properti ini berfungsi untuk mengatur jarak antar element. Ada beberapa sisi luar pada margin yakni :
margin atas dituliskan pada CSS dengan syntak (margin-top), margin bawah (margin-bottom), margin kir (margin-left), margin kanan (margin-right).

Namun teman juga bisa menggabungkan semuanya dengan menuliskan (margin) saja. Syntak ini akan otomatis mengatur jarak sisi luar sebelah atas, bawah, kiri, kanan element.

Margin biasanya digunakan untuk  mengatur jarak tulisan pada navbar atau tag body, hal ini biasanya disebut dengan container pada bootstrap. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh syntak berikut :

File index.html
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title> Belajar CSS </title>
<style>
#margin1 {
background: yellow;
width: 200px;
margin: 50px;
}
#margin2 {
background: yellow;
width: 200px;
margin-left: 100px  ;
}
</style>
</head>
<body>
<h1 id="margin1"> Belajar CSS </h1>
<h1 id="margin2"> Belajar Margin </h2>
</body>
</html>

Jika syntak diatas dijalankan maka akan menampilkan seperti gambar berikut :
Perhatikan pada contoh diatas. Pada 2 tulisan, tulisan yang pertama kita hanya menggunakan properti margin dengan nilai 50px. Maka dengan otomatis akan mengatur sisi atas, bawah, kiri, kanan akan berjarak 50px. Dan tulisan kedua kita berikan properti margin-left dengan nilai 100px. Bertujuan unutuk memberi jarak sebelah kiri tulisan sebesar 100px.

Mengenal Padding pada CSS

Padding adalah sisi dalam pada sebuah element. Kita bisa menggunakan properti padding untuk mengatur jarak pada sisi dalam pada sebuah element yang akan kita tentnukan.

Padding sendiri banyak terdapat di bagian navbar, pembuatan tabel misalnya dan masih banyak lagi. Tergantung kebutuhan si programer itu sendiri.

Sama dengan margin, padding juga memiliki sisi-sisi sperti top, bottom, left, dan right. Yang dituliskan seperti (padding-top, padding-bottom, padding-left, pading-right). dan jika hanya menggunakan properti padding saja maka mengambil semua sisi. Berikut contoh penggunaan padding pada CSS :

File index.html
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title> Belajar CSS </title>
<style>
p {
background: yellow;
display: inline-block;
padding: 50px;
}
#padding {
padding-left:0;
}
</style>
</head>
<body>
<p> BELAJAR CSS </p>
<p> HOME </p>
<p id="padding"> ABOUT </p>
</body>
</html>

Syntak diatas akan menampilkan sebagai berikut :
Contoh diatas terlihat ada tiga elemen, pada elemen BELAJAR CSS dan HOME admin membuat seluruh padding atas bawah kiri kanan berjarak 50px. Dan pada elemen selanjutnya yakni ABOUT sebelah kiri diberi jarak sebesar 0px.

Terima kasih sudah membaca artikel tutorial margin dan padding pada CSS sampai akhir. Pada tutorial selanjutnya admin akan membahas tentang Tutorial properti border pada CSS.

0 Response to "Tutorial Margin dan Padding pada CSS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel