Cara penulisan komentar di dalam kode PHP

Cara penulisan komentar di dalam kode PHP

Sekarang kita masuk ke tutorial belajar PHP selanjutnya membahas tentang cara penulisan komentar di dalam kode PHP. Sebelumnya kita sudah membahas aturan pnulisan kode PHP.

Cara penulisan komentar di dalam kode PHP
Dari banyaknya kode PHP yang akan kita buat nantinya tentu akan membuat kita pusing untuk membedakan perintah demi perintah dari kode PHP tersebut. Atau mungkin orang lain yang membaca kode kita tentu akan sulit untuk memahami perintah yang kita buat. Nah untungnya PHP sudah memberikan solusi untuk permasalahan tersebut.

Untuk membedakan atau memudahkan kita membaca berbagai perintah pada kode PHP. PHP menyediakan beberapa cara untuk menambahkan komentar di dalam kode PHP. cara ini mirip dengan cara memberikan komentar di bahasa pemrograman lain seperti C, C++ dan Unix Shell.

Penulisan komentar di dalam kode PHP berfungsi untuk memberikan penjelasan untuk memudahkan memahami kode yang rumit. Apa lagi setelah beberapa bulan kedepan kita tidak melihat kode tersebut, maka kita akan bingung untuk memahami kembali kode tersebut jika tidak memberikan komentar pada bagian perintah dalam kode PHP.

Ada 3 cara penulisan komentar di dalam kode PHP yang akan dibahas sebagai berikut :

1. Metode komentar C

Disebut dengan metode komentar C, karena cara memberikan komentar pada program PHP sama dengan cara memberikan komentar dari sistem bahasa C. cara ini dengan menuliskan sebuah garis miring dan diikuti dengan tanda bintang (/*). sifat komentar ini harus diberikan tanda tutup untuk mengakhiri komentar yang bertanda (*/). Karena cara ini dapat membuat komentar dengan format yang panjang dan mencakup beberapa garis. Perhatikan contoh berikut.

<?php
/* ini adalah contoh untuk memberikan komentar Dengan menggunakan metode komencar C
Dibawah ini kita akan membuat beberapa variable Dan memberikan nilai awal */
  $nama = “Dandi”;
  $a = 10;
  $alamat = “taluk”;
  $b = 2017;
?>

2. Metode komentar C++

Komentar dari metode C++, metode komentar ini hanya berlaku untuk sebuah baris atau sampai tag penutup PHP. Untuk metode ini cara memberikan komentar dengan menuliskan tanda dua kali garis miring atau two slashes (//). perhatikan contoh berikut.

<?php
// contoh menggunakan metode C++
  $nama="Febrian Zikri";
  $jenis_kelamin="Laki-Laki";
  $alamat="Jl. Sudirman No.99";
// hasil yang akan ditampilkan
  echo "$nama <br>";
  echo "$jenis_kelamin <br>";
  echo "$alamat";
?>

3. Metode komentar Unix Shell

Metode komentar ini di ambil dari cara membuat komentar dari bahasa Unix Shell. Hampir sama dengan metode komentar C++. sifat metode komentar ini hanya mempengaruhi satu baris saja, Metode komentar Unix Shell baik digunakan untuk membuat komentar pendek. Untuk melakukan metode komentar Unix Shell ini menggunakan tanda pagar (#). perhatikan contoh berikut.

<?php
  $nilai = $p * exp($r * $t); # menghitung bunga majemuk
?>


Jadi antara ketiga cara menuliskan komentar pada kode PHP, mana yang lebih sobat sukai. Jika sobat sudah paham dengan cara ini maka sobat nantinya tidak akan kebingungan lagi untuk memahami kode-kode yang rumit. Tutorial selanjutnya saya akan membahas hal yang paling penting dari bahasa pemrograman PHP. Yakni Pengertian variabel dan cara penulisan variabel di PHP.

0 Response to "Cara penulisan komentar di dalam kode PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel