Contoh Lengkap operator aritmatika pada PHP

Contoh Lengkap Cara Penggunaan Operator Aritmatika pada PHP

Selamat berkunjung kembali sobat. Sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian variabel dan cara penulisan variabel di PHP. Pada artikel kali ini saya akan membahas Cara penggunaan Operator aritmatika pada PHP. Ok langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Operator Aritmatika adalah operator yang biasanya digunakan untuk mengolah suatu bilangan. Diantaranya seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan modulus. Dibawah ini saya akan membahasnya satu per satu.


Operator Penjumlahan pada PHP

Contoh Lengkap operator aritmatika pada PHP
Operator penjumlahan berfungsi untuk menjumlahkan suatu bilangan atau variabel. Dengan menggunakan operator khusus yakni (+). bilangan yang dibuat di beberapa variabel dapat dijumlahkan secara otomatis dengan menuliskan kode $a + $b.
Contoh program penjumlahan pada PHP sebagai berikut:

<?php
  $a=5;
  $b=7;
  echo $a+$b; //Hasil tambah
?>

Pertama buatlah dua variabel yang akan dijumlahkan seperti contoh diatas. $a dengan value 5 dan $b dengan value 7. kemudian untuk menampilkan hasil penjumlahan dengan menuliskan echo $a+$b maka akan menampilkan angka 12 pada halaman web browser.

Operator Pengurangan pada PHP

Operator pengurangan berfungsi untuk melakukan suatu pengurangan suatu bilangan atau variabel. Dengan menggunakan operator khusus yakni (-). Operator penguranan dapat dilakukan dengan cara $a-$b. Contoh program pengurangan pada PHP sebagai berikut:

<?php
  $a=7;
  $b=3;
  echo $a-$b; //Hasil kurang
?>

Setelah menentukan bilangan pada dua variabel berisi angka yang akan dikurangi, kemudian untuk mendapatkan hasil pengurangan dengan menuliskan echo $a-$b maka akan menampilkan angka 4 pada halaman browser.


Operator Perkalian pada PHP

Operator perkalian berfungsi untuk melakukan perkalian pada suatu bilangan atau variabel. Dengan menggunakan operator khusus yakni (*). Operator perkalian dapat dilakukan dengan cara $a*$b. Contoh program perkalian pada PHP sebagai berikut:

<?php
  $a=7;
  $b=3;
  echo $a*$b; //Hasil kali
?>

Setelah menentukan nilai dari dua variabel yang akan dikalikan, kemudian ketikkan kode eho $a*$b. maka akan menampilkan angka 21 pada halaman web browser.


Operator Pembagian pada PHP

Operator pembagian pada PHP adalah operator yang digunakan untuk melakukkan pembagian pada suatu bilangan atau variabel. Dengan menggunakan operator khusus yakni (/). Operator pembagian dapat dilakukan dengan cara $a/$b. Contoh operator pembagian pada PHP sebagai berikut:

<?php
  $a=9;
  $b=3;
  echo $a/$b; //Hasil bagi
?>

Dengan memanggil dua variabel dan diantara dua variabel tersebut diberi tanda / maka operator pembagian dapat dijalankan. Akan menampilkan angka 3 pada halaman web browser.


Operator Modulus pada PHP

Operator modulus adalah operator yang digunakan untuk menemukan hasil dari sisa pembagian. Dengan menggunakan operator khusus yakni (%). Operator modulus dapat dilakukan dengan cara $a%$b. Contoh operator modulus pada PHP sebagai berikut:

<?php
  $a=10;
  $b=3;
  echo $a%$b; //Hasil sisa bagi
?>

Pada contoh diatas terdapat dua variabel $a dengan value 10 dan $b dengan value 3. karena hasil 10 bagi 3 sama dengan 3, memiliki sisa 1. dan satu inilah yang akan ditampilkan pada halaman web browser jika menggunakan kode echo $a%$b.


Contoh lengkap Operator aritmatika pada PHP

Dari kelima contoh operator aritmatika diatas saya akan menggabungkannya menjadi satu skrip kode. Perhatikan kode berikut:

<?php
$a=-21;
$b=7;
  echo "Variable A =$a <br>";
  echo "Variable B =$b <br><br>";

  echo "Hasil Penambahan : ";
  echo $a+$b ; //hasil tambah
  echo "<br>";

  echo "Hasil Pengurangan : ";
  echo $a-$b ; //hasil kurang
  echo "<br>";

  echo "Hasil Perkalian : ";
  echo $a*$b ; //hasil kali
  echo "<br>";

  echo "Hasil Pembagian : ";
  echo $a/$b ; //hasil bagi
  echo "<br>";

  echo "Hasil Modulus (sisa bagi) : ";
  echo $a%$b ; //hasil sisa bagi
  echo "<br>";
?>

Jika dijalankan akan menampilkan sebagai berikut:
Contoh Lengkap operator aritmatika pada PHP

Baiklah itulah artikel yang mebahas tentang Contoh lengkap operator aritmatika pada PHP. Jika ada yang belum paham silahkan tinggalkan komentar dibawah. Pada utorial PHP selanjutnya saya akan membahas

0 Response to "Contoh Lengkap operator aritmatika pada PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel