Pengertian variabel dan cara penulisan variabel pada PHP

Pengertian variabel dan cara penulisan variabel di PHP

Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas tentang cara penulisan komentar dalam kode PHP. Dan dalam contoh-contoh kode PHP yang dibuat beberapa kali yang telah menggunakan variabel. Jika sobat kurang mengerti tentang variabel dan cara penulisan variabel di PHP. Saya akan membahasnya sebagai berikut.


Pengertian Variabel

Variabel adalah suatu lokasi penyimpanan (di dalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah di ketahui.
Fungsi variabel dapat menyimpan nilai atau informasi ke dalam memori. Variabel dapat kita gunakan berkali-kali sesuai kebutuhan dan nilainya dapat kita ganti. Nama variable diawali dengan tanda $ (string). Misalnya $nama, $alamat.

Nama variable bersifat case sensitive, $A tidak sama dengan $a. Jenis variable bisa berupa bolean (true atau false) $ (string) (huruf, angka dan karakter), integer (angka bulat), float atau double (angka desimal/pecahan), array, object, NULL. Variabel string bisa diapit tanda petik dua, atau petik satu.
Pengertian variabel dan cara penulisan variabel pada PHP

Sama halnya dengan variabel dalam bahasa pemrograman lainnya, bahwa variabel digunakan untuk menampung nilai inputan data dari pengguna. Namun dalam PHP untuk penulisan variabel juga memiliki beberapa aturan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Variabel diawali dengan tanda $

Diatas saya sudah menyinggung bahwa untuk penulisan variabel dalam PHP diawali dengan tanda $. Setelah tanda $, sebuah variabel PHP diikuti dengan karakter pertama berupa huruf atau underscore (_). berikut contoh cara penulisan variabel di PHP.

<?php
  $a;
  $nama;
  $Alamat;
  $jenis_kelamin;
  $_status;
?>

Penulisan variabel di PHP salah atau error karena :
1. Variabel tidak boleh diawali dengan angka
2. Variabel tidak boleh mengandung spasi (spasi bisa diganti dengan underscore _ )
3. Variabel tidak boleh mengandung karakter khusus seperti * dan ^

2. Variabel PHP bersifat Case Sensitive

Variabel yang bersifat case sensitive disini memilki arti bahwa, jika hendak ingin memanggil suatu variabel maka kita harus menyamakan persis dengan apa yang ditulis pada variabel yang ingin dipanggil. Contohnya sebagai berikut :


<?php
  $nama=”febrian”;
  echo $nama;
?>

Pada syntak diatas akan menampilkan febrian pada halaman.
Misalkan $belajar tidak sama dengan $Belajar dan $BELAJAR. Ketiga variabel tersebut dianggap variabel yang berbeda. Maka dari itu untuk menghindari kesalahan, disarankan dalam penulisan variabel hendak menggunakan huruf kecil pada seluruh variabel.

3. Cara memberikan nilai pada variabel PHP

Untuk memberikan sebuah nilai pada sebuah variabel bisa menggunakan tanda sama dengan (=). hal ini sama dengan bahasa pemrograman lainnya. Kemudian diantara nilai diberi tanda kutip dua (“). Dan diakhiri dengan tanda titik koma (;). Contohnya sebagai berikut :

<?php
  $nama=”Febrian zikri”;
  $alamat=”BTM”;
  $status=”Mahasiswa”;
  echo “$nama <br>”;
  echo “$alamat <br>”;
  echo “$status “;
?>


Syntak diatas akan menampilkan data dari nilai variabel yang telah dituliskan diatas.

4. Variabel dalam PHP tidak memerlukan deklarasi terlebih dahulu

Tak sama halnya dengan bahasa pemrograman lain seperti Pascal, C, C++ dan lain-lain. Jika ingin memberikan sebua variabel kita harus mendeklarasikannya terlebih dahulu contohnya saja pada bahasa pemrograman Pascal untuk memberikan variabel ditulis (Var nama : string ;).

Namun di PHP sobat tidak perlu deklarasikan terlebih dahulu. Tinggal tulis $nama atau $alamat. Dan sobat bebas membuat sebuah variabel di tengah-tengah kode program PHP.

5. Variabel tidak bertipe

Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang telah disebutkan pada nomor 4. bahwa Variabel di dalam PHP sobat tidak harus menuliskan apakah variabel tersebut bertipe data string atau integer. Di dalam PHP tidak memerlukan itu. karena PHP termasuk Loosely Type Language, yaitu jenis bahasa pemrograman yang variabelnya tidak terikat pada sebuah tipe tertentu. Contoh :

<?php
  $b = “hallo” // nilai var b berisi tipe (string)
  $b = 19 // nilai var b berisi tipe (integer)
  $b = 0.5 // nilai var b berisi tipe (float)
?>

6. Predefined Variables

Predefined variables artinya Variabel sistem PHP. Merupakan variabel yang sudah secara otomatis ada di dalam PHP dan sebaiknya sobat tidak membuat variabel yang sama dengan Predefined Variables.
Berikut adalah contoh Predefined Variables dalam PHP :
$GLOBAL, $_SERVER, $_GET, $_POST, $_FILES, $_COOKIE, $_SESSION, $_REQUEST, $_ENV, $php_errormsg, $HTTP_RAW_POST_DATA, $http_respone_header, $argc, $argv, $this.
Untuk melihat lebih lengkapnya sobat bisa cek disini.

Baiklah itulah artikel yang membahas tentang pengertian variabel dan cara penulisan variabel di PHP. semoga artikel ini bermanfaat. silahkan kunjungi tutorial PHP selanjutnya tentang Contoh cara penggunaan operator aritmatika pada PHP.

0 Response to "Pengertian variabel dan cara penulisan variabel pada PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel