Mengenal Dan Belajar Bahasa Pemrograman C untuk pemula

Assalamualaikum wr, wrb. baiklah selamat berkunjung kembali ya sobat ke blog admin yang sangat sederhana ini. kali ini admin akan membahas sebuah artikel yangni tentang mengenal dan mempelajari bahasa pemrograman C.

Bagi sobat yang masih pomula disarankan untuk membaca semua tulisan yang ada pada artikel dibawah ini. karena semua yang tulisan yang admin buat adalah penting. Jika sobat kesulitan dalam memahami suatu pernyataan yang ada pada artikel dibawah ini.

semoga sobat tetap sabar dan terus mencari tahu tentang bahasa pemrograman c ini. karena tidak ada lading yang tajam jikalau lading tersebut tidak di asah sama sekali. Baiklah sobat mungkin itulah kata sambutan dari admin, berikutnya saya serahkan kepada sobat. selamat membaca.

Apa itu Bahas pemrograman c

Bahasa pemrograman C termasuk ke bagian bahasa pemrograman tingkat tinggi, Mesipun bahasa C sangat mudah dimengerti. Namun menurut saya bahasa pemrograman c tak mudah dimengerti jika kita tidak mempelajarinya terlebih dahulu. itu sebabnya bahasa c ini tak mudah ditebak hanya dengan logika saja.

BCPL adalah akar dari bahasa pemrograman C ini yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. C merupakan bahasa standart, artinya suatu program ditulis dengan Versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi dengan versi C yang lain dengan sedikit modifikasi.

Kepopuleran C membuat versi versi yang banyak untuk komputer mikro. untuk menstandarisasikannya maka dibentuk komite pada tahun 1983 yang menetapkan standart ANSI untuk bahasa C.

 Bahasa C tersedia hampir disetiap jenis komputer, Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan didukung dengan pustaka yang banyak.

Struktur Program C

Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstrukutur , karena strukturnya menggunakan fungsi fungsi sebagai program2 bagian. Fungsi utama yang pertama kali diproses adalah fungsi yang bernama "main()", selain itu adalah merupakan fungsi bagian yang dapat ditulis setelah fungsi "main()" atau diletakkan di file pustak (library).

Jika fungsi yang tersedia pada file pustaka (library) dan akan dipakai di suatu program maka file judulnya (header) harus ditulis pada program dengan menggunakan preprocessor directive #include , Contohnya #include <stdio.h> yang berarti akan mengambil fingsi fungsi yang tersedia pada library standart IO diantaranya clscr(), printf(), scanf(), dll.

Adapun struktur bahasa C adalah :
#include <file-file header>
/*directive#include digunakan jika mengambil fungsi fungsi library*/
main()
/*fungsi utama sebagai awal dimulainya pemrosesan */
{
/*blok awal*/
statemen-statemen;
}
/*blok akhir*/

Pengenalan Fungsi dasar Bahasa C

A. Fungsi main(), adalah fungsi yang menjadika titik awal dari bahasa C ini, jadi fungsi ini harus ada pada progran. Fungsi main() biasa ditempatkan pada posisi paling atas dalam sebuah program C.

B. Fungsi printf(), merupakan fungsi yang paling umum digunakan pada pemrograman C, yang bertujuan untuk menampilkan beberapa tulisan pada alat keluaran peraga atau outputnya.
Contoh kita ingin menampilkan "saya ingin belajar bahasa pemrograman C"
maka program yang kita tulis adalah printf("saya ingin belajar bahasa pemrograman C"); .

C. Fungsi scanf(), merupakan fungsi kedua yang paling umum digunakan, jika fungsi printf digunakan untuk menampilkan beberapa tulisan pada alat keluaran. dan fungsi scanf ini adalah kebalikannya. ya fungsi scanf digunakan untuk menginputkan data yang akan kita masukkan. Misalnya berupa kode atau password, menginputkan nama, dll. untuk mengunakan fungsi scanf ini maka sobat harus menguinakan beberapa variabel untuk menjalankannya. seperti integer, char,  dll.
Contoh penggunaan scanf adalah scanf("%d", &a); %d berfungsi untuk memanggil tipe data integer. dan a adalah variabelnya.

untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar dibawah ini:
Contoh program sederhana bahasa C
Contoh program sederhana bahasa C

Tipe Data Pada Pemrograman C

Ada 5 tipe data dasar pemrograman C yang saya ketahui yakni diantaranya :
1. Tipe data integer, merupakan tipe data untuk menyatakan bilangan bulat yang dideklarasikan dengan tulisan int. Contoh penggunaan int A;

2. Tipe data long, sama halnya tipe data integer. tipe data long juga merupakan untuk memasukkan angka, namun tipe data long dapat menampung karakter lebih banyak dibanding tipe data integer. Contoh penggunaan Lonng A;

3. Tipe data Float, merupakan tipe data yang digunakan untuk bilangan desimal. Contoh penggunaan Float A;

4. Tipe data double, sama dengan float bedanya tipe data ini dapatmenampung data dalam skala lebih besar daripada float. Contoh penggunaan double A;

5. Tipe data char, digunakan untuk menginputkan karakter seperti a, b, c, d, e dan seterusnya. yang artinya tipe data char ini hanya dapat menampung 1 buah karakter saja. Contoh penggunaan Char A;

berikut adalah gambar yang menjelaskan berapa ukuran dari masing2 tipe data pada bahasa pemrograman C.
Tipe data dasar pada bahasa C
Tipe data dasar pada bahasa C

Karakter Escape sequence

pemakaian escape squence pada fungsi output (printf(), get(), scanf(), dll). karakter ini sering digunakan untuk menampilkan hasil output, seperti mengganti baris, menyembunyikan bel, ganti halaman, garis miring dll. untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar dibawah ini:
Karakter escape squence pada C
Karakter escape squence pada C
Baiklah sobat itulah artikel singkat yang membahas tentang pengenalan bahasa pemrograman C  untuk pemula. sebenarnya masih banyak lagi pembahasan tentang pemrograman bahasa C ini, namun akan admin terangkan pada artikel lainnya jika sobat tertarik, sobat bisa kunjungi belajar bahasa pemrograman C. Terima kasih..

0 Response to "Mengenal Dan Belajar Bahasa Pemrograman C untuk pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel