Tutorial Membuat database baru dan table baru mysql dengan cmd

Cara membuat database mysql dan membuat tabel menggunakan command prompt 

Kali ini saya akan membuat sebuah tutorial bagaimana cara membuat database mysql baru dan membuat tabel pada database tersebut menggunakan cmd atau command prompt. untuk membuat database mysql ini kita membutuhkan software xampp. Jika sobat belum menginstal software xampp pada pc sobat, maka sobat diharuskan untuk menginstalnya terlebih dahulu. Tapi jikalau sudah langsung saja ikuti cara cara berikut ini untuk membuat database dan membuat tabel.

1. Setelah menginstal xampp pada pc sobat silahkan buka xampp dan start program mysql pada software xampp tersebut, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah..
cara membuat database mysql dan tabel baru dengan cmd
Xampp mysql
2. Selanjutnya apabil program mysql pada xampp sobat sudah distart, langkah selanjutnya klik start kemudian ketik di pencarian run command prompt. supaya proses membuka aplikasi command promptnya terbuka secara cepat.
cara membuat database mysql dan tabel baru dengan cmd
Membuka aplikasi command prompt
3. Langkah berikutnya, setelah aplikasi cmd terbuka maka ketikkanlah program dibawah ini. program ini bertujuan untuk masuk ke database mysql yang telah distart tadi..
cd\ (enter)
cd xampp\mysql\bin (enter)
mysql -u root (enter)
cara membuat database mysql dan tabel baru dengan cmd
masuk ke database mysql
maka sobat telah masuk ke datbase mysql yang telah dijalankan tadi. o ya jika sobat ingin mengganti warna seperti diatas, maka sobat harus menulis color a pada awal pengetikan. atau jika sobat ingin warna lain ketik help color..

4. Setelah masuk ke program mysql, kemudian kita akan membuat database baru. disini saya menamakan database saya dengan nama mahasiswa.. dengan mengetikkan 
create database mahasiswa; 
jika query ok maka ketik show database; untuk melihat database yang telah dibuat tadi, lihat gambar..
cara membuat database mysql dan tabel baru dengan cmd
membuat database baru
5. Jika database yang sobat buat tadi ada di daftar tabel database di atas, selanjutnya gunakan database tersebut dengan mengetikkan use database; (enter). kemudian ketik show tables; (enter). Apabila yang keluar empty set berarti table pada database tersebut masih kosong. cara membuatnya adalah dengan mengetikkan sebagai berikut..
Create table data_pribadi (   (enter)
Nim char(5) not null primary key, (enter)
Nama varcahar(25) not null, (enter)
Jurusan varchar(20), (enter)
Tanggal_lahir date, (enter)
Alamat varchar(35)); (enter)
cara membuat database mysql dan tabel baru dengan cmd
Membuat table baru
6. Jika query ok, berarti table berhasil dibuat. namun jika error berarti ada kesalahan dalam pengetikan data table diatas. ulangi pengetikan diatas hingga query ok..
baik selanjutnya untuk memastikan bahwa data table yang dibuat tadi benar benar berhasil, untuk mengeceknya adalah dengan mengetikkan show tables; (enter).
kemudian untukj melihat data field pada table, sobat dapat mengetikkan desc data_pribadi; (enter)..
cara membuat database mysql dan tabel baru dengan cmd
melihat table yang telah dibuat
Baiklah sobat itulah tadi artikel tentang bagaimana cara membuat database mysql dan tabel baru menggunakan cmd / command prompt. semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share bagi teman yang membutuhkan.baca juga artikel tentang mysql menarik lainnya. assalamualaikum wr wb..

0 Response to "Tutorial Membuat database baru dan table baru mysql dengan cmd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel