Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer

 Pengertian Komputer

Pada era modern pada saat sekarang ini Komputer sudah tidak asing lagi bagi pandangan masyarakat. Bahkan komputer sudah dapat dikatakan sebagai kebutuhan sehari hari. Karena komputer sekarang sudah sangat mudah untuk dioperasikan. Dan juga memiliki manfaat yang sangat banyak, sehingga dapat membantu pekerjaan manusia.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. fungsi lain dari komputer adalah untuk mengirim informasi secara digital. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan Aritmetika.

Namun sebenarnya awal mula tujuan diciptakan komputer adalah untuk keperluan perang militer yakni untuk mempermudah komunikasi antar koloni. Untuk itu dipatenkanlah komputer yang pertama didunia yakni pada tahun (1946) yang bernama ENIAC.

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama diciptakan pada tahun 1946, yang dinamakan ENIAC.
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) Adalah komputer elektronik pertama didunia dengan bobot 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2,4 m, membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan mereka dengan tujuan untuk menghitung tabel tembakan senjata. Ide tentang ENIAC dipikirkan dan didesain oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania. Komputer ini terus dijalankan hingga 4 tahun lamanya, dan kemudian ENIAC diambil alih oleh Remington Rand yakni pada tahun 1950 dan akhirnya muncullah komputer generasi kedua.

Komputer Generasi Kedua

Komputer generasi ketiga
Komputer Generasi Ketiga
Pada tahun 1950 muncullah komputer generasi kedua yakni dinamakan UNIVAC. UNIVAC adalah komputer komersil pertama yang dikeluarkan oleh IBM dan Sperry yang digunakan pertamakali untuk keperluan kalkulasi sensus AS tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun 1963.

Ciri ciri dari komputer generasi kedua ini :
1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya
2) Menggunakan memori yang cukup besar
3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape
4) Penggunaan aplikasinya lebih luar
5) Proses operasinya lebih cepat
6) Penggunaan daya lebih kecil
7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.

Komputer Generasi ketiga

Komputer Generasi Ketiga
Komputer Generasi Ketiga
 Komputer Generasi Ketiga pada tahun 1964 sampai 1970. Ciri ciri komputer generasi ketiga
1) Menggunakan IC, Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat dibanding komputer generasi pertama.
2) Peningkatan dari sisi software.
3) Kapasitas memori lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter ( sebelumnya hanya sepuluh ribu karakter )
4) Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik.
5) Penghematan listri lebih hemat.
6) Harga semakin murah
7) kemampuan berkomunikasi dengan komputer lain.
8) Kemampuan melakukan processing dan multitasking.

Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi Keempat
Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi keempat adalah lanjutan dari komputer generasi ketiga bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi.Bisa dibilang Komputer generasi keempat adalah komputer pada zaman sekarang. Dan sudah banyak memilliki perubahan dari tampilannya yang lebih sempurna.

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). 

Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC). Demikian hanya ini yang dapat saya informasikan semoga bermanfaat. terima kasih.

0 Response to "Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel