Pengertian Software Komputer Dan Klasifikasinya

 
Pengertian software
Software (perangkat lunak)

Apa itu software

Software atau disebut juga perangkat lunak pada komputer adalah Daftar intruksi yang memerintahkan computer untuk Menerima input, Memproses input, Mengeluarkan output, Dan menyimpannya.

Berdasarkan Fungsinya Software dibagi menjadi 2 bagian :
1. Software sistem (sistem Operasi), adalah sekumpulan perintah dasar untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer, dan sebagai penyedia layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
Contoh : Linux, Windows Xp, Windows 7, dll.

2. Software aplikasi, adalah sebuah perangkat lunak yang berbentuk aplikasi yang hanya dapat menjalankan kinerja yang telah diprogramkan pada aplikasi tersebut.
Contoh : Mozilla firefox, Opera mini, Notepad, dll.

Baca juga : Pengertian, Manfaat, dan Fungsi dari Jaringan Komputer

Klasifikasi Software (perangkat lunak)

Perangkat lunak sistem yaitu Perangkat yang mengoperasikan sistem komputernya. Perangkat lunak Sistem dapat dikelompokan lagi menjadi 3 bagian.
1. Perangkat lunak sistem operasi, Yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan operasi sistem komputer

2. Perangkat lunak sistem,Yaitu program yang ditulis untuk bantuan yang berhubungan dengan sistem komputer, misalnya menformat disk, memberishkan Virus, Dll.

3. Perangkat lunak bahasa, Yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.

Klasifikasi Software Berdasarkan Pembagian Fungsinya

A. Sistem
     Sistem yaitu sebuah sistem yang berfungsi sebagai antar muka antara pengguna, aplikasi perangkat lunak, dan perangkat keras komputer. Klasifikasi sistem :
  1. Firmware, Adalah Program yang tersimpan didalam Perangkat keras dan diisi bersamaan dibuatnya perngakat keras tersebut. Contoh : Bios.
  2. Sistem Operasi, Aadalah sekumpulan dasar untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer, dan sebagai penyedia layanan umum untuk apliaksi perangkat lunak. Sistem operasi dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pembagian tugas, dimana pembuat program aplikasi tidak perlu mengurus perangkat keras karena sudah disediakan oleh sistem operasi. Contoh : Linux, Windows, Dll.
  3. Utilitas, Adalah Program progam yang digunakan untuk mengelola sumber daya sistem komputer, biasanya sudah diinstal bersamaan ketika menginstal sistem operasi. Contoh : Scandisk, Disk cleanup, Disk defragment, Avg, Winzib, Dll.
  4. Device driver, Adalah istilah yang mencakup kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Diinstal bersama instalisasi perangkat kerasl. Contoh : Driver untuk sound, Printer, dll.
  5. Bahasa pemrograman, Adalah program yang digunakan untuk membuat program. program disini adalah bahasa yang digunakan untuk menjembatani manusia dan komputer dalam pembuatan sebuahprogram komputer atau software aplikasi. Contoh : Pascal, C++, C, Java, Php, dll.
B. Aplikasi
     Aplikasi Yaitu program yang dirancang untuk membuat pengguna lebih produktif dan membantu mereka dengan tugas tugas individu.
Contoh : Microsoft office (Ms. word, Ms. exel, Ms. powerpoint, Ms. acess), Winamp, Windows media player, Yahoo massanger. Notepad, Mozilla firefox, Opera mini, Photoshop, Paint, dan masih banyak lagi.

Klasifikasi Software Berdasarkan Cara Bekerjanya

A. Background, Perangkat lunak yang bekerja ketika komputer dinyalakan. Contoh : Antivirus yang selalu berjalan, Wallpaper komputer, dan lain lain.

B. Foreground, Perangkat lunak yang bekerja didepan layar, Bekerja ketika dapat perintah langsung dari pengguna. Contoh : Ms. Word, Adobe reader, Photoshop, Media player, dan lain lain.

C. Keamanan Data, Dari sisi keamanan data, jaringan komputer bisa menjamin hak akses setiap pengguna dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Sebagai conoh misalnya pimpinan bisa mengakses data yang menjadi haknya untuk diakses dan tidak bisa diakses oleh orang lain seperti karyawan, staf, security dan sebagainya.

D. Integrasi data, Data yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan bisa saling berintregrasi satu sama lain seperti data penjualan, dan data pembelian, data stok gudang, data keuangan dan data lainnya, dengan menggunakan jaringan komputer.

E. Efisiensi dan Penghematan, Dengan adanya jaringan komputer, perusahaan atau organisasi bisa menghemat anggaran seperti transport dan anggaran yang sifatnya bisa digunakan oleh jaringan komputer

Itulah pembahasan seputar tentang pengertian software dan klasifikasinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Pengertian Software Komputer Dan Klasifikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel