Cara membuat tulisan tebal, miring, garis bawah di html

Membuat tulisan tebal miring dan bergaris bawah di HTML (tag <b>,<I>,<u>)

Ketika menulis artikel atau posting blog, ada kalanya kita ingin memberikan penekanan pada kata kata tertentu yang dianggap penting. Hal ini bertujuan supaya pembaca mengetahui bahwa kata tersebut memiliki makna yang penting sehingga para pembaca akan memperhatikan kata tersebut secara khusus.

Untuk melakukan penekanan pada suatu tulisan tersebut maka kita memerlukan tag yang akan kita bahas nanti. Untuk itu berikut saya akan membahas dengan rinci contoh penggunaan dari tag <b>, <i>, <u>.

Tag bold/tebal

Cara membuat tulisan atau huruf tebal/bold kita hanya cukup menambahkan kode <b> kemudian diisi dengan kata atau tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan kode </b>. contoh <b> ini tulisan tebal </b> maka hasilnya adalah ini tulisan tebal.


Tag italic/miring

Sedangkan untuk membuat tulisan atau huruf dengan format miring/italic adalah dengan cara menambahkan kode <i> kemudian diisi dengan tulisan yang ingin dimiringkan dan diakhiri dengan kode </i>. contoh <i> ini tulisan miring </i> maka hasilnya ini tulisan miring.

Tag underline/bergarisbawah

Untuk membuat tulisan menjadi tulisan bergaris bawah kode yang ditambahkan adalah <u> kemudian diisi dengan tulisan yang ingin diberi garis bawah dan diakhiri dengan </u>. contoh <u> tulisan ini bergaris bawah </u> maka hasilnya adalah tulisan ini bergaris bawah.

jika ketiga tag diatas sudah dipahami dengan baik. Selanjutnya saya akan memberi gambaran nyata bagaimana cara penggunaan ketiga tag diatas. Lihat contoh dibawah ini :
Baca juga : Cara membuat judul/heading di HTML

<html>
<head>
<title> Tag bold, italic, underline </title>
</head>
<body>
<b> Ini tulisan tebal </b><br>
<i> Ini tulisan miring </i><br>
<u> Tulisan ini bergaris bawah </u><br>
</body>
</html>

Apabila sobat juga ingin mencoba kode diatas, copykan kode diatas ke notepad sobat kemudian simpan ke format.html. Selanjutnya klik 2 kali pada file tersebut maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Cara membuat tulisan tebal miring bergaris bawah di html

baiklah itulah artikel sederhana yang membahas tentang cara membuat tulisan tebal, miring, dan bergaris bawah pada bahasa pemrograman html. Jika sobat ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang html selanjutnya saya akan membahas cara membuat garis horizontal line di HTML.

0 Response to "Cara membuat tulisan tebal, miring, garis bawah di html"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel