Pengertian, Manfaat dan Fungsi dari Jaringan Komputer

 Pengertian Jaringan Komputer

     Jaringan komputer adalah sekelompok otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Menggunakan Protokol aplikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program - program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, hardisk dan lain sebagainya.

     Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai Kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berbeda berbagi lokasi yang terdiri dari lebih dari satu komputer yang saling terhubung satu sama lain.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

   Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan adanya jaringan komputer antara lain bisa dikategorikan dalam sebuah perusahaan atau organisasi dan masyarakat umum.

Beberapa Manfaat bagi Perusahaan dan organisasi
  1. Berbagi sumber daya, Dengan adanya Jaringan komputer sumber daya seperti data pada komputer server atau perangkat keras seperti printer dan scanner bisa disharing untuk digunakan secara bersama sama. sebuah perusahaan tempat kita bekerja memiliki beberapa ruangan/ lantai/ cabang perusahaan atau letaknya berjauhan. Dapat dibayangkan ketika kita masih menggunakan dengan car konvensial seperti mendatangi satu cabang tersebut hanya untuk mengambil data, pasti akan memakan waktu yang lama. untuk itu jaringan komputer dapat memberi manfaat menghemat tenaga manusia, karena dalam proses mengirim data hanya dalam hitungan detik tanpa harus menjemput ketempat tersebut.
  2. Arus Informasi Menjadi Lebih Cepat, Jaringan komputer membuat arus informasi dalam perusahaan atau organisasi menjadi cepat dan tidak dibatasi oleh ruang dan tempat. Informasi antara divisi atau cabang mengalir melalui jaringan komputer tersebut tanpa perlu sikaryawan/staf berpindah dari satu tempat ketempat yang lain hanya untuk mendapatkan informasi.
  3. Media Komunikasi, Jaringan komputer menjadi media komunikasi antara karyawan dan staf yang ada dalam sebuah perusahaan atau organisasi tersebut. 
Beberapa Manfaat untuk masyarakat umum
  • Masyarakat dapat saling berkomunikasi secara jarak jauh dengan kerabat, keluarga, dan teman.
  • Masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dari berbagai macam informasi di internet atau media sosial.
  • Jaringan komputer yang skala yang lebih besar, sehingga masyarakat dapat dapat mencari informasi lebih leluasa pula.

 Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

1. Jaringan Client-Server
          Merupakan jaringan yang didalamnya terdapat satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layanan kesetiap komputer client yang terhubung kedalam jaringan tersebut.

2. Jaringan peer to peer
          Memungkinkan kita menghubungkan satu komputer yang lain tanpa perantara seperti switch. Dengan menggunakan media seperti kabel dan wireles, komputer yang satu dengan komputer yang lainnya bisa saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya.

Jenis jenis Jaringan Komputer

a. Local Area Network (LAN)
          Merupakan jaringan yang hanya mencakup suatu area atau daerah. atau Jaringan privat sebuah perusahaan yang terbatas hanya dalam area perusahaan organisasi tersebut. Sebagai contoh adalah jaringan pada Warnet atau Tempat Game Online.

b. Metropolitan Area Network (MAN)
          Pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN dan Ruang lingkupnya berada dalam satu lokasi atau kota.

c. Wide Area Network (WAN)
          Merupakan jaringan komputer yang mencakup daerah greografis yang luas. Seringkali mencakup negara, antar negara bahkan dunia.

d. internet (Interconnected Network)
          Merupakan satu kesatuan dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung yang menggunakan standar Protokol TPC/IP untuk melayani kebutuhan pengguna seluruh dunia.

Transmisi yang digunakan

  1. Jaringan Berkabel, Media transmisi yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer lainnya agar saling bertukar informasi data atau terhubung dengan internet.
  2. Jaringan Nirkabel, Jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel ini menggunakan atau memerlukan gelombang electro magnetic sebagai media transmisi datanya.
Demikian artikel seputar jaringan komputer. dan hanya itulah yang hanya dapat saya sharing pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya dan share. Terima kasih.

0 Response to "Pengertian, Manfaat dan Fungsi dari Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel